This website works best with JavaScript enabled
BT Education 2 - шаблон joomla Создание сайтов

Tempe Production Process in RTI 

Forum Survey 

How Many Times Do You Eat Tempe in a Week?

Forum Tempe Indonesia bekerja sama dengan USSEC Indonesia dan Rumah Tempe Indonesia telah melaksanakan pelatihan produksi tempe higienis sebanyak 3 batch di Rumah Tempe Indonesia pada tanggal 18-22 Juli, 25-29 Juli, dan 24-28 September 2017. Pelatihan diikuti oleh 12 atau 13 orang peserta setiap batchnya. Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 39 orang. Pelatihan dibagi menjadi beberapa sesi diantaranya sesi kuliah (pemaparan teori), praktik pembuatan tempe, demo memasak, dan kunjungan ke produsen olahan tempe.

Pelatihan ini difasilitasi oleh Rumah Tempe Indonesia, Forum Tempe Indonesia, dan USSEC Indonesia. Dr. Dadi Maskar, USSEC Indonesia memaparkan mengenai “Manfaat Kedelai US dan Potensi Ekonomi dari Pangan Olahan Kedelai”. Beliau menjelaskan pasar global dari kedelai US dan bagaimana petani US menanam kedelai dan menjaga kualitas kedelai. Tujuan diberikannya materi ini adalah agar peserta mendapatkan pengetahuan yang positif mengenai kedelai US. Prof. Made Astawan, Ketua FTI menjelaskan mengenai “ Manfaat Gizi dan Kesehatan dari Tempe”. M. Ridha, menjelaskan mengenai “Gambaran Industri Tempe Indonesia & Pronsip Dasar Mengolah Tempe Higienis”.  
Sesi selanjutnya adalah praktik pembuatan tempe higienis di Rumah Tempe Indonesia. Praktik pembuatan tempe dibagi menjadi 2 sesi yaitu sesi produksi basah yang meliputi: persiapan bahan baku, sortasi, pencucian, perendaman, perebusan, pengasaman, dan pengupasan kedelai.
Hari kedua pelatihan diisi oleh presentasi mengenai “Prinsip Pengolahan Air” oleh Prof. Suprihatin dari Institut Pertanian Bogor. Topik ini menjeaskan bagaimana perlakuan air selama proses produksi tempe higienis. Sesi selanjutnya adalah praktik pembuatan tempe sesi 2 yaitu produksi kering yang meliputi proses peragian, pengemasan, dan fermentasi. Sore harinya dilanjutkan dengan mengunjungi produsen tempe dan olahan tempe sekitas Bogor. Hal ini dilakukan untuk memberikan inspirasi kepada peserta agar dapat mengolah tempe menjadi olahan yang tinggi nilai jualnya.
Hari ketiga pelatihan diisi oleh demo memasak olahan tempe yang disampaikan oleh Asep dari Rumah Tempe Indonesia. Tujuannya untuk memberikan inspirasi untuk membuat olahan tempe yang simpel, menarik, dan enak. Acara dilanjutkan dengan kunjungan ke Cimory untuk memberikan contoh kepada peserta bagaimana cara pemasaran produk yang baik.

#fc3424 #5835a1 #1975f2 #2fc86b #f_syc9 #eef12086 #150714100123