This website works best with JavaScript enabled
BT Education 2 - шаблон joomla Создание сайтов

Tempe Production Process in RTI 

Forum Survey 

How Many Times Do You Eat Tempe in a Week?

Tempe dikenal luas sebagai makanan asli Indonesia yang disukai oleh masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Jawa. Dalam sastra Jawa, kata kedelai tercatat dalam naskah Serat Centhini. Dan menunjukkan bahwa tempe sebagai salah satu produk dari budaya Jawa. Tempe berasal dari kota Klaten Jawa Tengah.

Forum Tempe Indonesia bekerja sama dengan USSEC dan Sarihusada telah melaksanakan pelatihan produksi tempe higienis selama 3 hari pada tanggal 4-8 Maret 2017. Tujuan dari pelatihan ini adalah sebagai persiapan untuk pembangunan Rumah Tempe di Klaten khususnya di desa Geneng. Pelatihan diikuti oleh 7 orang yang berasal dari pengurus Desa Gengeng, Klaten.

Pelatihan dibagi menjadi tiga sesi, yaitu sesi pemberian materi (teori), sesi praktek, dan sesi berkunjung ke industri olahan tempe. Pelatihan hari pertama dilakukan 2 sesi yaitu sesi kuliah dari pukul 8.00 sampai 12.00 yang diisi oleh tiga pembicara. Pembicara pertama, Prof. Made Astawan menjelaskan mengenai profil sektor serta peluang dan tantangan industri tempe. Pembicara kedua adalah Dr. Dadi Maskar menjelaskan mengenai penerapan Good Hygienic Practices dalam UKM Tempe, dan pembicara terakhir M. Ridha menjelaskan mengenai analisis usaha dan proses pembuatan tempe. Sesi selanjutnya adalah praktek pengolahan basah yang dilakukan di RTI dari pukul 13.00-16.00. Pelatihan hari kedua adalah praktek pengolahan kering yang dimulai dengan penirisan kedelai, peragian, pengemasan, dan pemeraman kedelai. Kegiatan selanjutnya adalah kunjungan ke pabrik pembuatan keripik tempe di Jakarta Selatan.

Setiap peserta mendapat satu tas berisi buku proses pengolahan tempe, tempe segar, Ragi (fermentasi pemula), dan kedelai untuk dibawa pulang. Mereka bersemangat untuk mencoba produksi tempe sendiri di rumah dan berbagi hasil dengan fasilitator. Fasilitator berkomitmen untuk memberikan dukungan secara online dalam proses produksi tempe. Ada masukan positif dari evaluasi peserta. Mereka menemukan pelatihan yang bermanfaat dan meningkatkan pengetahuan mereka tentang bagaimana mengolah tempe.

#fc3424 #5835a1 #1975f2 #2fc86b #f_syc9 #eef12086 #150714100123