This website works best with JavaScript enabled
BT Education 2 - шаблон joomla Создание сайтов

Tempe Production Process in RTI 

Forum Survey 

How Many Times Do You Eat Tempe in a Week?

USSEC Indonesia bekerja sama dengan Forum Tempe Indonesia, KOPTI Bogor, dan Rumah Tempe Indonesia telah menyelenggarakan Pelatihan Proses Produksi Tempe pada tanggal selama 3 hari. Peserta yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 11 orang yaitu 8 orang peserta berasal dari Thailand dan 3 orang berasal dari Vietnam. Peserta pelatihan berasal dari berbagai profesi diantaranya 4 orang dari praktisi katering dan restoran, 3 orang peneliti (dosen), 2 orang dari Industri tahu dan snack kedelai, 2 orang perwakilan dari perusahaan trader, dan 2 orang perwakilan USSEC Thailand dan Vietnam.

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk menyebarkan edukasi dan informasi mengenai pemasaran tempe, kandungan gizi tempe, pengolahan tempe yang higienis, dan pengembangan produk tempe. Pelatihan ini dirancang dalam sesi kuliah interaktif, praktek proses pengolahan tempe, dan kuliner tempe.

Sesi kuliah terdiri dari 4 sesi. Sesi pertama yaitu materi mengenai market overview dari tempe dan olahan kedelai yang disampaikan oleh Dr. Dadi Maskar, selanjutnya sesi kedua disampaikan oleh Prof. Made Astawan mengenai Kandungan gizi dan manfaat kesehatan dari tempe. Sesi ketiga disampaikan oleh Dr. Mien K. Mahmud mengenai pengembangan produk dari tempe dan sesi terakhir mengenai gambaran industri tempe dan prinsip dasar dari proses pengolahan tempe yang disampaikan oleh Muhammad Ridha.

Sesi praktek proses pengolahan tempe dilakukan setelah sesi kuliah. Praktek proses pengolahan tempe dilakukan di Rumah Tempe Indonesia. Praktek ini dibagi menjadi dua sesi yaitu sesi proses pengolahan basah (terdiri dari persiapan bahan, pencucian, perebusan, dan perendaman, dan pengupasan kedelai), dan sesi proses pengolahan kering (terdiri dari penirisan, peragian, pengemasan, dan fermentasi).

Sesi kuliner tempe merupakan sesi dimana peserta melihat cara memasak dan mengolah tempe menjadi masakan ala Indonesia, Thailand, dan Vietnam. Sesi ini disampaikan oleh Chef Shanty dan Chef Ardi. Selain itu, peserta berkunjung ke pasar bersih dan pengrajin kripik tempe untuk mengetahui proses pengolahan dan pemasaran kripik tempe.

Setiap peserta mendapat satu tasberisi buku proses pengolahan tempe, USB yang berisikan materi pelatihan dan video pengolahan tempe, tempe segar, 500gr dari Ragi (fermentasi pemula) untuk dibawa pulang. Mereka bersemangat untuk mencoba produksi tempe sendiri di rumah dan berbagi hasil dengan fasilitator. Fasilitator berkomitmen untuk memberikan dukungan secara online dalam proses produksi tempe.Ada masukan positif dari evaluasi peserta. Mereka menemukan pelatihan yang bermanfaat dan meningkatkan pengetahuan mereka tentang bagaimana mengolah tempe.

#fc3424 #5835a1 #1975f2 #2fc86b #f_syc9 #eef12086 #150714100123